close
iklan 150 x 650 kanan

Senin, 17 Desember 2012

ciptakan "Hiu Kecil" Dalam Hidupmu

Sudah pada tau kan orang-orang di Jepang itu suka mengkonsumsi ikan laut ? saking sukanya mereka makan ikan, stock ikan di perairan Jepang menipis sehingga mengharuskan nelayan mencari ikan lebih jauh. Karena jauhnya nelayan menangkap ikan yang membutuhkan waktu perjalanan lebih dari sehari, ternyata setelah sampai di Jepang semua ikannya mati, apakah ikan itu laku dijual ? Sudah pasti TIDAK.


Karena masalah itu, nelayan Jepang mencoba cara lain, mereka membawa box es di kapal mereka, ikan-ikan yang telah mereka tangkap di masukan ke dalam box es, dibawa ke pasar dalam keadaan beku. Apakah ikan itu laku di jual ? ternyata jawabannya masih sama, TIDAK, orang Jepang tidak suka mengkonsumsi ikan yang di bekukan.

Nelayan-nelayan berpikir keras mencari solusi yang pas. setelah itu mereka mencoba membuat kolam dalam kapal, ikan-ikan hasil tangkapan dimasukkan ke kolam agar tetap hidup sampai di pasar, tapi apa yang terjadi ? awal di masukkan ke kolam ikan-ikan itu masi berenang dengan semangat, namun karena perjalanan ke darat yang memakan banyak waktu, ikan-ikan itu semakin tidak bersemangat berenang di kolam kecil yang ada di kapal tersebut, ikan-ikan itu hanya diam. sesampainya di pasar, apakah ikan itu laku di jual ? ikan itu laku di jual, tapi hanya sedikit, karena orang jepang tidak suka makan ikan yang males, terlihat tidak segar.

Nelayan Jepang hampir putus asa mencari solusi. dan akhirnya mereka menemukan solusi yang pas. solusi yang cerdas. Nelayan tetap menangkap ikan dan dimasukan ke kolam di dalam kapal, tapi yang membedakan dengan cara sebelumnya adalah, mereka juga memasukan seekor ikan hiu kecil di dalam kolam itu yang membuat ikan-ikan tangkapan mereka tetap lincah berenang di kolam karena ikan-ikan lari dari kejaran hiu kecil di kolam. sampai di pasar apakah ikan itu laku dijual ??? ternyata ikan itu LAKU dan sangat banyak pembelinya karena ikan-ikan itu terlihat masih segar-segar

(sumber gambar: berbagai.info)



Inti dari cerita ini apa ya ?

klo mau diri kita berharga, teruslah BERGERAK, munculkan ide-ide baru, ciptakan inovasi baru dalam hidup. 

Bagaimana caranya membuat kita terus bergerak ?

dalam cerita, yg membuat ikan-ikan tangkapan nelayan tetap bergerak karena adanya hiu kecil yang "memaksa" mereka terus bergerak. Jadi jika kita ingin terus bergerak, ciptakan "hiu kecil" dalam hidup kita, "hiu kecil" disini adalah tujuan-tujuan dalam hidup, target-target yang ingin kita capai, buatlah RESOLUSI hidup yang harus dicapai, dengan itu maka kita akan terus bergerak, terus aktif menggapai mimpi-mimpi kita.


so, lets make our RESOLUTION for 2013 :)

sumber: acara dari @KomunitasSM #ResulusiUntukNegeri2013 dengan pembicara @JamilAzzaini

foto bareng kek Jamil
@setyoJoko @istiRachma @JamilAzzaini @Yeti_Riadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar